Hadits of The Day

مَنْ سَلَكَ طَرِيْـقًـا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّـلَ اللهُ لَهُ طَرِيْـقًـا إِلَى الْجَنَّـةِ

Selasa, 18 Desember 2012

Haramnya Mengucapkan Selamat Natal

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang telah memberikan kenikmatan kepada kita. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Kita telah tahu bahwa sebentar lagi kita akan melalui Tanggal 25 Desember 2012. Dan telah banyak syubhat di sekililing kita tentang hukum mengucapkan selamat natal kepada mereka.
Untuk mengatahui hal tersebut, marilah kita merenungkan ucapan dari Ibnul Qayyim berikut :
“Adapun memberi ucapan selamat pada syi’ar-syi’ar kekufuran yang khusus bagi orang-orang kafir (seperti mengucapkan selamat natal, pen) adalah sesuatu yang diharamkan berdasarkan ijma’ (kesepakatan) kaum muslimin. Contohnya adalah memberi ucapan selamat pada hari raya dan puasa mereka seperti mengatakan, ‘Semoga hari ini adalah hari yang berkah bagimu’, atau dengan ucapan selamat pada hari besar mereka dan semacamnya.” Kalau memang orang yang mengucapkan hal ini bisa selamat dari kekafiran, namun dia tidak akan lolos dari perkara yang diharamkan. Ucapan selamat hari raya seperti ini pada mereka sama saja dengan kita mengucapkan selamat atas sujud yang mereka lakukan pada salib, bahkan perbuatan seperti ini lebih besar dosanya di sisi Allah. Ucapan selamat semacam ini lebih dibenci oleh Allah dibanding seseorang memberi ucapan selamat pada orang yang minum minuman keras, membunuh jiwa, berzina, atau ucapan selamat pada maksiat lainnya.
Banyak orang yang kurang paham agama terjatuh dalam hal tersebut. Orang-orang semacam ini tidak mengetahui kejelekan dari amalan yang mereka perbuat. Oleh karena itu, barangsiapa memberi ucapan selamat pada seseorang yang berbuat maksiat, bid’ah atau kekufuran, maka dia pantas mendapatkan kebencian dan murka Allah Ta’ala.” –Demikian perkataan Ibnul Qoyyim rahimahullah- dalam Ahkamu Ahlidz Dzimmah.

Dan Syaikh Muhammad bin Sholih al-Utsaimin telah mengaskan akan haramnya hal tersebut dan keharaman ini sudah menjadi kesepakatan ulama (ijma’ ulama) (Dalam Majmu’ Fatawa wa Rosail Ibnu Utsaimin)
Sehingga tidak perlu kita ikut bergembira seperti mereka. Jika mereka mengucapkan selamat natal, maka tidak perlu kita jawab karena ini jelas haram.
Ketahuilah bahwa keikutsertaan kaum muslimin di hari-hari besar orang-orang kafir termasuk dalam bentuk Wala’ (Loyal) terhada kaum kafir dan ini terlarang, yaitu dengan cara :
1.      Membantu mereka dalam menyelenggarakan dan penyelenggaraan hari besar mereka
2.      Memberikan ucapan selamat pada hari itu
3.      Mendatangi undangan pada hari diselenggarakannya upacara pada hari itu.
(Al-Wala’ wal Baro karangan Syaikh Sholeh Al-Fauzan)

Dan Firman Allah
وَالَّذِينَ لَا يَشْهَدُونَ الزُّورَ وَإِذَا مَرُّوا بِاللَّغْوِ مَرُّوا كِرَامًا
"Dan orang-orang yang tidak memberikan persaksian palsu, dan apabila mereka bertemu dengan (orang-orang) yang mengerjakan perbuatan-perbuatan yang tidak berfaedah, mereka lalui (saja) dengan menjaga kehormatan dirinya." (QS. Al Furqon: 72)

Kata Az-Zuura dalam ayat tersebut menurut Imam Mujahid adalah mendatangi perayaan kaum musyrikin (Syarah Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah).
Dan berkaitan dengan ayat tersebut salah satu sifat seorang hamba adalah tidak mendatangi hari-hari besar orang kafir (Al-Wala’ wal Baro karangan Syaikh Sholeh Al-Fauzan)

Ikut Merayakan Hari Besar Kaum Kafir

Tentu saja mengenai masalah ini yaitu merayakan hari besar mereka dan mendatangi undangan mereka (contoh : Natal) jelas lebih parah daripada sekedar mengucapkan selamat kepada mereka pada saat hari besar mereka. Hal ini karena masuk dalam hadits Nabi yang sangat msyhur berikut:

مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ
”Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka” (HR. Ahmad dan Abu Dawud. Syaikhul Islam dalam Iqtidho’ mengatakan bahwa sanad hadits ini jayid/bagus).

Kesimpulan :
Haram hukumnya mengucapkan selamat kepada mereka dan ini sudah menjadi ijma’ ulama. Begitu juga dilarang mendatangi undangan dan ikut merayakan hari besar mereka.

Alhamdulillah bini’matihi tatimush sholihaat
Wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa aalihi wa shohbihi wa sallam,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar