Hadits of The Day

مَنْ سَلَكَ طَرِيْـقًـا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّـلَ اللهُ لَهُ طَرِيْـقًـا إِلَى الْجَنَّـةِ

Rabu, 18 Januari 2012

Segumpal Daging Itu...



            Saudaraku, maukah kalian aku beri tahu tentang sesuatu hal?? Yang mungkin kalian akan senantiasa waspada dengan sesuatu itu. Kalian akan berusaha menjaga sesuatu itu.
Saudaraku, sungguh… dalam diri kalian itu ada segumpal daging. Segumpal daging yang agak berbeda. Segumpal daging yang sedikit aneh.. ya… segumpal daging itu mungkin sedikit aneh dari segumpal daging yang lain. Karena segumpal daging yang mungkin kecil ini dapat menentukan seberapa baik atau seberapa buruk diri kalian… Taukah kalian apa itu?? Segumpal daging itu adalah HATI…
            Segumpal daging yang bernama Hati ini ternyata dapat menentukan diri kalian. Apabila hati kalian baik, maka akan diikuti dengan baiknya siri kalian. Dan tentu saja sebaliknya, apabila hati kalian kotor dan buruk maka akan diikuti dengan buruknya diri kalian.
            Yaa.. hal ini seperti yang disabdakan oleh Rasulullah dalam sebuah hadistnya..
“Ketahuilah, sungguh pada tubuh itu terdapat segumpal daging, jika ia baik maka baiklah seluruh tubuhnya, jika ia buruk maka buruklah seluruh tubuhnya, ketahuilah bahwa ia adalah hati” (HR.  Bukhari)            
Saudaraku, marilah kita introspeksi diri kita masing-masing, apakah kita sebagai pemilik daging itu sudah merasa menjaganya?? Apakah hati yang telah dititipkan Allah kepada kita itu telah kita jaga dengan baik?? Atau malah kita biarkan hati itu menjadi kotor ? Tentu saja yang bisa menjawab itu semua Cuma diri kalian sendiri.. Dan saya disini Cuma bisa mengingatkan kalian karena kalian adalah SAUDARAKU FILLAH..
            Sebagai seorang muslim tentunya kita sadar kalau satu diantara yang harus kita jaga adalah hati kita. Karena hati kita menentukan bagaimana diri kita. Karena hati kita yang menentukan baik buruknya diri kita. Jagalah hati kalian saudaraku !!!
            Jagalah hati kita saudaraku, jagalah hati kita agar tetap mengingat Allah, karena hanya dengan mengingat Allah hati kita menjadi tenang. Seperti firman Allah
“Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang.” (Qs Ar-Ra’d: 28)
Jadikanlah hati kalian terikat kepada Allah dengan banyak berdzikir. Seperti yang telah difirmankan Allah, bahwa hati kita butuh ketenangan.. ya… hati kita butuh ketenangan. Dan satu-satunya cara untuk membuat hati kita tenang yaitu hanya dengan MENGINGAT ALLAH.. Ingatlah Allah saudaraku, agar hati kalian tetap tenang.
Sekali lagi, Jagalah hati kalian saudaraku.. Jangan biarkan hati kalian tertutup oleh noda hitam. Noda hitam akibat dosa-dosa yang kalian lakukan. Jangan biarkan dosa-dosa kalian membuat hati kalian merintih… Jangan biarkan dosa kita mengarat di hati kita.
            Jika hati kalian telah tertutup oleh noda, kuncinya cukup satu ikhwani fillah… Kuncinya yaitu bertaubat. Tentu saja dengan taubatan nashuha. Dengan taubat ini semoga Allah akan memaafkan dosa kalian dan menjernihkan segumpal daging itu…
            Basahilah hati kalian dengan air kesejukan yaitu ketakwaan dan keimanan. Jangan biarkan hati kalian dibasuh dengan lumpur dosa yang akan mengotori hati kalian.
            Jagalah hati kalian… Jagalah hati kalian.. Jagalah hati kalian
            Karena hanya dengan menjaga hati, Seluruh bagian tubuh kalian akan terjaga. Mata kalian, Lisan kalian, Tangan kalian, Kaki kalian.
            Karena hati yang jernih dengan ketakwaanlah yang akan menyuruh mata kalian untuk menundukkan pandangan. Karena hati yang jernih dengan ketakwaanlah yang akan menyuruh lisan kalian untuk mengatakan perkataan yang indah.
            Satu pesanku buat kita yaitu Jagalah Hati Kalian..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar